Halaman

Halaman

Rabu, 04 Desember 2013

Pengaruh Makanan terhadap Perilaku dan Kecerdasan Manusia

Hallo,
Sudah lama tidak menengok blog ini karena suatu hal, dan sekarang sudah sempat lagi membuka blog. Kemarin saya membaca artikel di sebuah majalah yang berjudul Pengaruh Makanan terhadap Perilaku dan Kecerdasan Manusia, tiba-tiba saya teringat perkataan guru saya yang pernah menjelaskan bahwa makanan berpengaruh terhadap akhlak manusia, makanan bentuk daging mempengaruhi keberanian sedangkan makanan sayur-sayuran cenderung membuat seseorang menjadi lembut, kedua-duanya dibutuhkan, tentunya dengan ukuran yang seimbang. Maka dari itu saya ingin menulisnya di blog saya sendiri. Inilah isi dari artikel tersebut.

ilustrasi/doc. google
Pola makan ternyata bisa mempengaruhi perilaku seseorang, kata Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Prof. M. Juffrie, SpA (K). Perilaku manusia tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan, namun juga oleh makanan yang dikonsumsi. beberapa penelitian telah membuktikan bahwa saluran cerna memiliki hbungan dengan otak. Saluran cerna juga puya insting. Makanan yang kita makan dan baketeri yang ada di dalam saluran cerna cukup kuat dalam mengganggu perilaku manusia. oleh karena itu, jika saluran cerna sehat maka perilaku juga pasti sehat, "jelas Juffrie.

Jenis makanan yang dikonsumsi dapat mengubah mirobiom atau biota bakteri yang hidup dalam saluran cerna. saluran cerna manusia merupakan tempat tinggal koloni bakteri dan kuman yang bisa membantu proses cerna dan Mikrobiom di dalam usus yang  mengalami perubahan, dapat mengeluarkan aneka zat yang dapat mengganggu proses dan cara kerja otak. Sebagai contoh, Juffrie menjelaskan bahwa sakit perut akibat salah mengkonsumsi jenis makanan, dapat menyebabkan kecemasan bahkan depresi.

Kecerdasan Anak

Di samping itu kondisi saluran cerna ternyata turut berperan untuk menentukan kecerdasan otak anak, kata dokter spesialis dari Divisi Tumbuh Kembang Anak RS Dr. Soetomo, Dr. Ahmad Suryawan, SpA (K). "Untuk menyehatkan otak anak, saluran cerna juga harus sehat", otak dengan saluran cerna memiliki hubungan yang sangat erat dan memiliki komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah antara saluran cerna dengan otak melalui berbagai mekanisme, saat ini dikenal dengan istilah gut-brain axis".

Komunikasi ini saling mendukung proses kerja masing-masing organ. Pada otak, sinap atau sambungan antar sel otak bekerja melalui proses sinyal yang dikirim otak, jelas dia. "Saluran cerna berfungsi tidak hanya untuk menampung nutrisi, namun juga mampu mempengaruhi sinyal di otak melalui mikrobiota usus, selain itu otak juga membutuhkan energi untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, melalui nutrisi yang diserap baik oleh saluran cerna dan dialirkan kepada otak. Sementara dari otak, neurotransmiter dapat mempengaruhi perkembangan mikrobiota usus. Oleh sebab itu, saluran cerna yang sehat harus memiliki mikrobiota berupa kuman atau bakteri baik, supaya sinap otak juga dapat bekerja dengan baik", tukas Dr. Suryawan.

Sumber:
Marulli, Aditia. 2013. Pengaruh Makanan terhadap Perilaku dan Kecerdasan Manusia. Asy-Syifa Edisi 24: 36-37.

Senin, 23 September 2013

Anyaman Hiasan Dinding Bentuk Animasi

Hallo,
Bagaimana kabar hari ini?
Masih ingatkah kita tentang kegiatan menganyam saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar? Yaa, saya rasa kita masih ingat akan hal itu. Kegiatan menganyam yang paling sering dilakukan saat sekolah dasar adalah menganyam dengan menggunakan kertas dengan pola tertentu. Kali ini saya akan berbagi tentang cara menganyam hiasan dinding yang berbentuk dorami, caranya sangat sederhana, pola menganyamnya hanya menggunakan pola menganyam biasa. Seperti apa caranya? Ayoo kita persiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Sebelum persiapkan semuanya, kita cari tahu dulu yuk, apa itu menganyam? 

Anyam/menganyam dalam Kamus Bahasa Indonesia berarti mengatur (bilah,daun pandan, dsb) tindih-menindih dan silang-menyilang (spt membuat tikar, bakul). Anyam merupakan salah satu teknik pembuatan karya seni kriya tradisional nusantara. Teknik ini bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan. Pemanfaatannya bisa digunakan untuk pembuatan tempat makanan (bakul dan tampah), tas, eternit rumah, hiasan, bahkan pada jaman dahulu digunakan untuk dinding rumah. Jenis anyam beragam baik pola dan bahannya. Jika dilihat dari bahannya, anyam bisa dibuat dari bambu, daun, plastik, dan kertas.

Sekarang sudah tahu kan arti dari menganyam? sekarang kita lanjutkan mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan. Let's chek it out!


Bahan - Bahan yang Diperlukan:
1. Kertas Manila atau Kertas Asturo;
2.  Lem Perekat.

Alat - Alat yang Digunakan:
1. Gunting;
2. Pemotong/Cutter;
3. Penggaris;
4. Pensil


Cara atau Langkah - Langkah Membuatnya
1) Gambarlah pola dorami di kertas asturo bagian belakang yang berwarna putih, lalu beri garis-garis yang nantinya akan dibuat sebagai anyaman. Jarak garis pertama ke garis berikutnya adalah 1 cm.

2) Potong garis-garis yang akan dibuat anyaman dengan menggunakan cutter (agar potongannya rapi menggunakan bantuan penggaris).

3) Buatlah garis di kertas asturo lain, jarak garis satu dengan garis berikutnya adalah 1 cm, lalu potonglah dengan menggunakan cutter.

4) Buat rajutan menggunakan kertas yang berwarna lain dengan ukuran lebar 1 cm sesuai pola yang ditentukan ke dalam gambar dorami sampai selesai.

5)  Guntinglah pola dorami yang sudah selesai dianyam.


6) Berilah lem dan rekatkan pada bagian tepi atau sisa anyaman supaya tidak terlepas.

7) Gambarlah mata dan mulut dorami lalu di tempelkan ke wajah dorami dan jadilah anyaman hiasan dinding dorami.

Setelah melihat hasillnya ternyata bagus yaa, kita juga bisa membuat karakter tokoh kartun yang kita sukai, tidak harus membuat dorami kan?


Sekian dulu tutorial cara membuat anyaman hiasan dinding dorami, semoga bermanfaat :)
Terimakasih sudah berkunjung :)
Have a nice day :)

Kamis, 19 September 2013

Cara Membuat 3 Limas di dalam 1 Kubus

Hallo,
Berlanjut pada cara membuat bangun kubus yang berisi 6 limas persegi beraturan, sekarang mari kita coba membuat kubus yang berisi 3 limas.
Langsung saja yaaa, chek it out!

Alat dan bahan:
1) Gunting
2) Cutter
3) 2 Kertas asturo
4) Lem
5) Penggaris
6) Bolpoin/pensil



Kita akan membuat kubus dengan ukuran sisi 10 cm, tinggi limas (sisi pertama) 10 cm. sisi kedua dan keempat  10 √2 dan sisi ketiga 10 √3Penjelasannya dapat dilihat pada gambar (ii). Kalian juga dapat membuatnya dengan ukuran yang kalian kehendaki.
(i)
(ii)
diagonal persegi = 10 √2 cm

diagonal ruang kubus 10 √3 cm
Cara Membuat:
1) Gambarlah jaring-jaring kubus pada kertas asturo
Jaring-jaring untuk membuat kubus yang berisi 3 limas
jaring-jaring sisi limas
2) Gunting jaring-jaring kubus dan jaring-jaring yang sudah dibuat tersebut

3) Bentuklah jaring-jaring limas menjadi limas dengan bantuan lem untuk merekatkannya


4) Jadilah sebuah kubus yang berisi 3 limas.







Have a nice day :)

Media Wayang Pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Hallo!
Saya ingin flash back tentang kegiatan kuliah saya di masa lalu, tepatnya pada tanggal 13 Desember 2010. Saat itu kelas kami diberi tugas untuk membuat media wayang oleh dosen mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.
Keterampilan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari empat aspek, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dari keempat keterampilan yang diajarkan di sekolah dasar, menyimak merupakan materi yang sangat penting karena keterampilan menyimak merupakan dasar atau awalan dari keterampilan lainnya, selain itu menyimak tidak hanya dapat dilakukan dengan perintah mendengarkan saja, tetapi menyimak harus dengan penuh kefokusan untuk memperoleh isi dari simakannya. Pembelajaran menyimak yang diajarkan di sekolah dasar salah satunya adalah menyimak dongeng.

Pembelajaran menyimak dongeng yang efektif harus dengan metode pembelajaran yang sesuai, media pembelajaran yang menarik, dan kondisi kelas yang kondusif, sehingga siswa mampu menyimak dongeng dengan alur dongeng yang runtut, adanya keterkaitan antar tokoh, dan penggunaan kosa kata yang tepat.
Peran media dalam pembelajaran sangat penting terutama bagi siswa. Minat dan motivasi belajar siswa dapat ditumbuhkan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan adalah Wayang Kartun. Wayang Kartun adalah alat peraga atau alat pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi dongeng yang digerakkan dengan tangan dan berbentuk gambar kartun. Wayang Kartun yang kami buat ini dibuat dari bahan kertas yang sesuai dengan tokoh  dalam dongeng.

Ingin tahu seperti apa media wayang kartun yang kami buat? ayo, kita sama-sama melihat penampilan teman kita dalam memperagakan wayang kartun. Chek it out!

Kelompok A menampilkan wayang kartun Malin Kundang

Kelompok B menampilkan wayang kartun Kancil dan Siput

Media wayang Kartun dapat membantu mengembangkan analisis siswa dan membawanya ke konsep yang abstrak. Wayang Kartun yang bentuknya menyerupai tokoh dongeng memudahkan siswa dalam mengetahui watak para tokoh dan memahami peranan setiap tokoh dalam dongeng. Selain itu mempermudah siswa dalam memahami isi dongeng yang telah didengarnya, sehingga penggunaan Wayang Kartun sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut antara lain mampu meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa, efisien terhadap waktu, tempat biaya dan persiapan, dapat mengembangkan imajinasi dan aktivitas siswa dalam suasana gembira, penggunaan simbol yang sesuai langsung mengena pada sasaran serta dapat mengembangkan suatu ide atau pesan peristiwa secara estetis.

Bagaimana menurut anda tentang penampilan dari teman-teman kami? selain bisa diperagakan oleh guru, media wayang juga bisa diperagakan oleh siswa untuk melatih kemampuan berbicara dan keberanian siswa tampil di hadapan teman-teman dan gurunya. 

Semoga coretan ini dapat memberi manfaat untuk anda. Terimakasih sudah mampir :))
dan Have a nice day ^_^




  

Jumat, 26 Juli 2013

6 Limas Persegi di dalam 1 Kubus?

Hallo,
Kalian pernah membuat 1 kubus menggunakan kertas? hal yang satu ini sudah biasa.
Kalau membuat 1 kubus berisi 6 limas persegi menggunakan kertas, ini lebih dari biasa.

Kali ini saya berbagi tentang cara membuat 6 limas persegi dalam 1 kubus, saya pernah membuatnya saat semester 4 mata kuliah Pembelajaran Matematika SD. Kubus ini  dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika tentang bangun ruang kubus dan limas.

Langsung saja ya, mari sama-sama kita perhatikan bagaimana cara membuatnya.
Sebelum membuatnya, pastinya kalian harus menyiapkan alat dan bahan-bahannya.

Alat dan bahan:
1) Gunting
2) Cutter
3) 2 Kertas asturo
4) Lem
5) Penggaris
6) Bolpoin/pensil


Kita akan membuat kubus dengan ukuran sisi 10 cm, tinggi limas adalah setengah dari sisi kubus yaitu 5 cm. Untuk tinggi segitiga pada limas adalah 2. Penjelasannya dapat dilihat pada gambar di bawah. Kalian juga dapat membuatnya dengan ukuran yang kalian kehendaki.

 
Cara Membuat:
1) Gambarlah jaring-jaring kubus pada kertas asturo
gambar jaring-jaring kubus
2) Gambarlah 6 jaring-jaring limas persegi pada kertas asturo (tidak dengan alasnya)
gambar jaring-jaring limas persegi
3) Gunting jaring-jaring kubus dan jaring-jaring limas tersebut


4) Bentuklah jaring-jaring limas menjadi limas dengan bantuan lem untuk merekatkannya



5) Setelah keenam limas sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah rekatkan masing-masing limas pada setiap luas bidang jaring-jaring kubus yang sudah dibuat dengan menggunakan lem.


 6) Setelah selesai pada langkah 5 maka jadilah kubus berisi 6 limas persegi :)





Kubus ini dapat dijadikan sebagai media pembelaaran matematika untuk mencari rumus volume limas yang dapat dibuktikan dengan volume kubus, untuk lebih jelasnya kita perhatikan penjelasan berikut : 
(i)
(ii)

Gambar (i) menunjukkan suatu kubus yang panjang rusuknya ‘s’ dan keempat diagonal ruangnya saling berpotongan di satu titik. Masing-masing limas tersebut beralaskan bidang alas kubus dan tingginya setengah panjang rusuk kubus. Salah satu limas tersebut ditunjukkan pada gambar (ii).

Jika volume masing-masing limas pada gambar (i) adalah ‘v’ maka volume enam buah limas sama dengan volume kubus, sehingga diperoleh hubungan berikut.
V 6 limas = v kubus
           6V = s x s x s
                 = (s x s)  x s
                 = (s x s) x(1/2  s x 2), jika   s x s = L dan ½ s = t
                 = L  x t x2
          6V = 2 Lt
Volume 1 limas adalah 6V = 2 Lt
                                     V = 2/6 Lt
                                        = 1/3 Lt
Rumus
Volume limas = 1/3 x L x t
                     = 1/3 x L alas x tinggi                   

Keterangan:

L = luas alas

t = tinggi limas

s = sisi



Bagaimana? tertarik mencoba membuatnya? kunci dari membuat kubus ini adalah kesabaran dan ketelitian saat mengukur.
Terimakasih sudah berkunjung :)
Semoga bermanfaat :)
Have a nice day :)