Halaman

Halaman

Selasa, 01 Januari 2013

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes

ABSTRAK
Ula, Mutamimatul. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa  Kelas V pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Yuli Witanto, II. Drs. Utoyo.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Realistik

Hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pendekatan tersebut yaitu Pembelajaran Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V serta performansi guru pada materi sifat-sifat bangun datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di SD Negeri Kluwut 04 Brebes.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Kluwut 04 tahun pelajaran 2011/2012 sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 65 dan persentase tuntas belajar klasikal  75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%, serta nilai performansi guru ≥ 75.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 80,30 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri Kluwut 04 Brebes. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.


Skripsi Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes, bisa anda download DISINI

Green Yellow


Sumber gambar http://www.newgrounds.com
Entah apa yang terlintas dalam pikiran saya, tiba-tiba saja saya ingin membuat blog dengan nama Green Yellow. Memang saya itu suka sekali dengan warna hijau, bahkan sangat menyukainya. Hijau itu warna yang sejuk, menurut kalian juga pasti seperti itu kan?  Kita lihat saja dedaunan berwarna hijau yang menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis dan menghasilkan oksigen untuk berjuta umat manusia. Berarti warna hijau itu menyejukkan banyak umat manusia donk?hehe. Ya seperti teman-teman yang suka warna hijau pastinya juga menyejukkan banyak manusia disekitarnya, hehehe. Sangkin sukanya dengan warna hijau warna cat di kamarku semuanya warna hijau, sampai dengan perlengkapan alat mandi juga hijau semua, baju-baju pun banyak yang warna hijau. Pokoknya hijau itu aku banget deh.

Sementara udahan dulu membahas warna hijau, sekarang tinggal warna kuning nih. Hmmm sebenarnya saya kurang begitu suka atau bisa dibilang biasa aja sih sama warna yang satu ini, tapi dikarenakan idola saya suka sekali dengan warna kuning jadi saya juga harus belajar suka dengan warna kuning deh. Kalian tahu tidak siapa idola saya? ayooo coba tebak? siapa? Ahmad Dani? Zaskia gotik? Sule? Omas? hmmm jawaban kalian salah semua nih, yang paling betul adalah Valentino Rossi. Saya sangat mengidolakan sosok Valentino Rossi sejak 8 tahun yang lalu, tepatnya saat saya kelas X SMA tahun 2005. Kalo ngomongin tentang Vale memang tak pernah ada habisnya, ya singkat saja nih, alasan saya mengidolakan dia adalah karena dia memiliki skill yang hebat dalam balapan, murah senyum, pantang menyerah, ramah, keren, dan yang pastinya yang tak ketinggalan adalah parasnya yang rupawan alias ganteng bangeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttt. Saya hanya berharap mudah-mudahan suatu saat saya bisa bertemu dengan seorang The Doctor nantinya. 

Setelah membaca deskripsi tersebut, sekarang kalian sudah mengerti kan mengapa blog ini saya beri nama Green Yellow?. Selain saya menyukai warna-warna tersebut, saya rasa kata-kata Green Yellow itu sangat mudah diingat.

Oke deh, terimakasih atas kunjungannya. Blog ini memang blog suka-suka saya mau nulis apa, tapi mudah-mudahan di samping itu, paling tidak blog ini bisa memberi manfaat untuk pembaca semuanya.

Salam

Admin Host